• 1
  • 2
  • 3

Frequently Asked Questions

Menampilkan 1-2 dari 2 data.

Dari : indra 16 Aug 2013
Pertanyaan:
Dear,
Pertanyaan saya begini dokter, anak saya laki-laki umur 5 tahun jatuh akhirnya giginya goyang terus seminggu kemudian lepas tapi setelah 1 tahun berlalu giginya tidak tumbuh2, apakah ini masalah serius atau memang belum saatnya tumbuh ?
Lalu yang kedua anak saya ini juga sering kalo main itu kecapaian terus mimisan hal ini normal atau bagai mana,
Mohon pencerahaannya terima kasih...

salam, indra...
Jawaban:
Salam sejahtera Pak Indra,

Pergantian gigi pada anak-anak sangat bervariasi karena dipengaruhi banyak faktor. Untuk gigi seri bawah, terjadi pergantian dari gigi susu ke gigi permanen rata-rata pada usia 6 - 7 tahun. Sedangkan pada gigi seri atas, terjadi pergantian gigi susu ke gigi permanen rata-rata pada usia 7 - 8 tahun. 

Faktor kecelakaan yang menyebabkan gigi susu lepas sebelum waktunya (tanggal prematur) merupakan salah satu penyebab benih gigi permanen lebih lambat tumbuh, sehingga pada kasus tertentu perlu tindakan khusus (pemberian obat tertentu atau bila perlu dilakukan tindakan bedah) untuk mengeluarkan gigi permanen.

Ada beberapa informasi yang belum saya peroleh dari pertanyaan Bapak, berkaitan dengan letak gigi yang lepas, apakah gigi seri atau gigi taring, apakah gigi atas atau gigi bawah. Namun demikian saya berharap jawaban yang saya berikan dapat memberikan pencerahan.

                      Mengenai soal mimisan, mimisan (epistaksis) adalah perdarahan dari hidung. Lebih sering pada anak daripada dewasa karena memang arteri ethmoidalis (pembuluh darah rongga hidung) anak-anak masih tipis dan rapuh.   Apakah itu mimisan  biasa atau tidak, berbahaya atau tidak? Perhatikan frekuensi mimisannya. Apakah kejadiannya berulang atau tidak, dan amati apakah terdapat faktor pencetusnya sehingga terjadi mimisan. Namun kalau terjadinya sangat sering, sebaiknya dikonsultasikan langsung kepada dokter.                                                                                                                   

Tuhan memberkati
Salam ,



Dari : I Putu Darmasusila 21 Mar 2013
Pertanyaan:
Hello apa kabar dokter?
Jawaban:
Kabar baik, kami semua tim dokter sehat-sehat. Bagaimana dengan kabar kesehatan bapak Darmasusila?
Senang bapak bisa menyumbangkan saran dan masukkan buat website kami.

Hasil survey layanan poliklinik :
Puas : 12 orang
Tidak Puas : 6 orang

Siwalankerto 121-131 Surabaya
Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31
Fax: +62 31 8436418

Copyright (c) 2013 - reserved to Petra Christian University Powered by PUSKOM MIS division