• 1
  • 2
  • 3

Vitamin Ini Bisa Bikin Anda Lebih Sehat

Kategori : Rubrik KesehatanHits : 1505
Tuesday , 7 May 2013
ditulis oleh I Putu Darmasusila

Jakarta, Rokok dapat menyebabkan banyak kerusakan di tubuh penghisapnya. Segera berhenti dan menjauhi perokok adalah satu-satunya cara menghindari dampaknya. Untuk memperbaiki kondisi setelah berhenti merokok, mantan perokok juga bisa mengonsumsi vitamin.

Penelitian terbaru yang telah dipresentasikan dalam Annual Experimental Biology Meeting di Boston, menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin E setelah berhenti merokok dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Dalam penelitian tersebut, peneliti merekrut 30 perokok untuk menjauhkan diri dari rokok selama seminggu. Setengah dari partisipan diberikan gamma tocopherol (jenis vitamin E) selama waktu itu, sedangkan sisanya diberikan plasebo.

Kecil, tapi hasil yang menggembirakan. Meskipun setiap orang yang berhenti merokok menunjukkan peningkatan 2,8 persen dalam fungsi pembuluh darah, orang yang mengonsumsi vitamin E mendapatkan tambahan peningkatan sebesar 1,5 persen.

"Saya tahu ini tampaknya sepele ketika melihat angka-angka ini, tapi ini sebenarnya cukup menarik," jelas penulis studi, Richard Bruno, Ph.D., seorang profesor di The Ohio State University, seperti dilansir Menshealth, Senin (6/5/2013).

Menurut penelitian terakhir, setiap kenaikan 1 persen dalam fungsi vaskular atau peningkatan kemampuan pembuluh darah untuk membesar, diterjemahkan menjadi penurunan 13 persen risiko terkena penyakit jantung.

Bruno mengatakan Anda dapat menemukan gamma tocopherol dalam kacang-kacangan, termasuk pistachio dan kacang mete, dan di berbagai minyak goreng, seperti sayur, kedelai, dan kanola. Anda juga bisa mendapatkan gamma tocopherol dalam bentuk suplemen, tapi bukan dari vitamin E kebanyakan.



Hasil survey layanan poliklinik :
Puas : 12 orang
Tidak Puas : 6 orang

Siwalankerto 121-131 Surabaya
Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31
Fax: +62 31 8436418

Copyright (c) 2013 - reserved to Petra Christian University Powered by PUSKOM MIS division