• 1
  • 2
  • 3

Stop! Jangan Tidurkan Balita dengan Memberikan Botol Susu

Kategori : Tips KesehatanHits : 2408
Tuesday , 19 Mar 2013
ditulis oleh I Putu Darmasusila

Jakarta, Terkadang para ibu memberikan susu dalam botol kepada balita sebagai upaya untuk menidurkan buah hatinya. Tapi ternyata kebiasaan ini tidak baik sehingga harus segera dihentikan. Gigi anak bisa rusak akibat tidur sambil minum susu dari botol.

"Memberi susu pada anak sampai tidur memaparkan anak dalam bahaya," kata Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) DR drg Zaura Rini, MDS.

Hal itu disampaikan dia dalam talkshow dalam rangka hari kesehatan gigi dunia 2013 yang digelar Pepsodent di Hotel Mulia, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta, dan ditulis pada Selasa (19/3/2013).

Menurut drg Zaura, laktosa pada susu akan diubah kuman menjadi asam. Lama kelamaan email gigi akan larut sehingga membuat gigi menjadi lunak.

"Apalagi jika susu dalam botol ditambah gula," imbuhnya.

drg Zaura menyarankan agar orang tua membangun kebiasaan sehat pada anaknya, yakni dengan tidak minum susu dengan botol sambil tiduran. Upayakan setelah anak minum susu, berkumur dengan air dingin.

Kebiasaan minum susu sampai tertidur akan membuat gigi rusak, dan bila dibiarkan maka bisa jadi fokus infeksi. Bisa pula muncul radang yang dipicu infeksi dalam gigi.

"Akibatnya gigi tanggal sebelum waktunya, atau akar gigi akibat infeksi tidak mau goyang. Padahal gigi susu yang sehat itu tanggal dengan sendirinya," tutur ibu dua anak ini.


(vit/up)



Hasil survey layanan poliklinik :
Puas : 12 orang
Tidak Puas : 6 orang

Siwalankerto 121-131 Surabaya
Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31
Fax: +62 31 8436418

Copyright (c) 2013 - reserved to Petra Christian University Powered by PUSKOM MIS division