• 1
  • 2
  • 3

WHAT TO EAT AFTER A STROKE

Kategori : Rubrik KesehatanHits : 440
Friday , 21 Oct 2016
ditulis oleh dr Erfiani

WHAT TO EAT AFTER STROKE

Selain sebagai upaya pencegahan, cermat memilih menu juga berguna untuk menjaga kondisi penderita stroke agar keadaannya membaik dan pulih.Secara garis besar, kelompok makanan yanga baik di konsumsi oleh penderita stroke adalah dari keluarga buah-buahan dan sayuran karena mengandung vitamin, mineral, zat anti oksidan, serta serat yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.
Lebih jelasnya, berikut jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita stroke.

APEL
Buah apel dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit stroke hingga 50 %, karena buah ini kaya akan kandungan Quercetin yang terbukti mampu mengatasi inflamasi. Inflamasi adalah penyebab terjadi prengerasan pembuluh darah. Selain itu apel mengandung phytonutrisi dan antioksidan. Zat penting dalam apel seperti Kalium, Kalsium, Fosfor bisa membantu pengaturan tekanan darah dan denyut jantung. Apel tidak mengandung kalori yang berlebihan.

PISANG

Dalam daging buah pisang banyak ditemukam kalium yang berperan untuk menjaga denyut jantung dan juga mengandung potasium sebagai pengganti cairan tubuh. Kedua kandungan itu juga membantu mengatur tekanan darah agar normal.

CITRUS
Memakan buah jeruk atau dari keluarga citrus ini juga mampu menurunkan risiko stroke iskemik, yang diakibatkan oleh tersumbatnya pembuluh darah ke otak.
Buah citrus mengandung vitamin C dan kalium dalam kadar yang besar, dianjurkan untuk mengkonsumsi 2-4 porsi citrus perhari untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

KACANG-KACANGAN
Jenis kacang yang dianjurkan untuk penderita stroke, di antaranya seperti kacang almond, kacang pecan, dan kacang kenari. ketiga jenis kacang tersebut mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan vitamie E yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah pada jantung dari timbunan plak Selain itu antioksidan pada kacang-kacangan bisa menjadi penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan atau kanker pada penderita stroke. Almond diketahui bisa mengendalikan jumlah kolesterol dalam tubuh.

PEPAYA
Buah yang bebas kolesterol ini disarankan bagi penderita stroke karena memiliki kalori yang cukup rendah.Pepaya juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, kalium, flavonoid, beta karoten dan lutein, dan mengandung juga senyawa asam folat dan piridoksin yang bermanfaat untuk penderita stroke.

BERAS MERAH
Beras merah menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk penderita stroke dimana kandungan selenium yang sangat tinggi bisa mencegah serangan stroke berulang. Beras merah juga mengandung mangan, serat, dan antioksidan. Mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dan mengaktifkan sistem saraf.

TOMAT
Tomat menjadi asupan yang paling baik bagi penderita stroke yang disebabkan oleh masalah penggumpalan darah. Senyawa Licopene dalam tomat berfungsi mencegah radikal bebas, juga bermanfat mengendalikan proses peradangan dan kolesterol buruk dalam tubuh serta mampu mencegah proses pembekuan darah.

SUSU RENDAH LEMAK

Penderita stroke tetap diajurkan mengkonsumsi susu rendah lemak dimana susu juga mengandung magnesium,kalsium, dan potasium yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah.

BERIKUT ADALAH JENIS MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI :
1. Makanan yang digoreng
2. Makanan yang mengandung mentega
3. Makanan yang mengandung pemanis buatan
4. Makanan yang mengandung lemak jahat
5. Makanan yang dibakar
 



Hasil survey layanan poliklinik :
Puas : 12 orang
Tidak Puas : 6 orang

Siwalankerto 121-131 Surabaya
Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31
Fax: +62 31 8436418

Copyright (c) 2013 - reserved to Petra Christian University Powered by PUSKOM MIS division