• 1
  • 2
  • 3

5 VITAMIN DAN MINERAL YANG PENTING UNTUK KESEHATAN GIGI DAN GUSI

Kategori : Rubrik KesehatanHits : 292
Friday , 23 Mar 2018
ditulis oleh drg. Weenie Suryaningsih

5  VITAMIN DAN MINERAL YANG PENTING UNTUK KESEHATAN GIGI DAN GUSI

Nutrisi yang tepat sangatlah menguntungkan bagi seluruh tubuh, termasuk gigi dan gusi. Dengan menelan vitamin yang tepat dari makanan atau suplemen, anda dapat membantu melindungi kesehatan mulut anda. Inilah lima vitamin dan mineral penting untuk kesehatan gigi dan gusi.

1.     Kalsium

 

Kalsium bukan hanya baik untuk tulang , tetapi baik juga untuk gigi. Kalsium membantu membentuk dan memelihara gigi agar selalu sehat.

Produk - produk susu seperti susu cair dan yogurt memiliki tipe kalsium yang mudah diserap oleh tubuh. Salmon kaleng dan sarden beserta tulangnya juga merupakan sumber yang baik. Sedangkan pilihan untuk vegetarian meliputi sayuran berdaun hijau ,gula tetes, dan cereal berkalsium.

 

2.     Fosfor

 

Fosfor adalah mineral penting untuk kesehatan gigi. Disamping kalsium, tubuh anda memiliki kandungan fosfor yang lebih banyak dibandingkan mineral yang lain, dan sebagian besar ada dalam gigi anda. Fosfor sangat diperlukan dalam pemeliharaan dan perbaikan seluruh jaringan tubuh. Saat berada didalam mulut , fosfor bekerja bersama kalsium untuk menjaga kekuatan gigi.

Fosfor terkandung dalam banyak makanan berprotein tinggi, seperti daging, telur, kacang-kacangan , dan produk-produk susu.

Dapat juga ditemukan pada padi-padian, buah- buahan kering, dan bahkan minuman bersoda. Sebagian besar orang mendapatkan mineral ini dari makanan mereka sehari – hari tanpa membutuhkan tambahan suplemen.

 

3.     Vitamin D

 

Vitamin D memerankan peran yang besar dalam menjaga kesehatan gigi. Mikronutrien ini menyebabkan usus menyerap kalsium yang telah dikonsumsi dan memindahkannya kedalam aliran darah. Tanpa vitamin D yang cukup , maka tubuh akan kehilangan kalsium dari dalam tulang.

Beberapa makanan yang diperkaya vitamin D seperti susu, sereal sarapan pagi dan makanan lain yang telah ditambahkan vitamin ini. Harap cek label nutrisi untuk melihat apakan makanan favorit anda menyediakan vitamin D.

4.     Vitamin C

Sementara banyak vitamin yang baik untuk gigi, vitamin C baik untuk gusi. Vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan pembuluh darah dan jaringan penting lainnya yang menopang gigi. Nutrisis ini juga penting untuk penyembuhan. Saat orang kekurangan vitamin C, gusi mereka bisa berdarah. Itulah pentingnya vitamin C bagi kesehatan gusi anda. Buah buahan masam, bayam, kubis, dan sayur-sayuran mengandung vitamin C.

5.     Vitamin A

Anda mungkin pernah mendengar bahwa vitamin A baik untuk mata . tetapi juga baik untuk mulut anda. Vitamin ini membantu membentuk dan memelihara jaringan gigi dan membrane mukosa.

Vitamin penting ini ditemukan dalam 2 bentuk; vitamin A dan provitamin A. bentukannya dapat kita temui dalam daging, unggas, produk susu, dan produk hewani yang lainnya.  Provitamin A ditemukan dalam buah buahan dan sayuran kemudian dirubah menjadi bentuk aktif vitamin A oleh tubuh.

 

Waktu untuk mengkonsumsi Vitamin dan mineral

Saat makanan sehat dapat menyediakan vitamin yang cukup, beberapa orang mungkin membutuhkan tambahan suplemen vitamin untuk mencapai pemasukan vitamin harian yang disarankan. Mengingat untuk mengkonsumsi suplemen setiap hari dapat merepotkan , maka cobalah untuk menggabungkannya dalam rutinitas pembersihan mulut. Sebagai contoh anda dapat membiasakan untuk mengkonsumsi suplemen di pagi hari sebelum anda menyikat gigi setelah sarapan pagi.

Ada beberapa kegunaan vitamin untuk gigi dan gusi. Bicarakan dengan dokter gigi anda mengenai kesehatan mulut dan pentingnya peranan suplemen vitamin.

Mereka dapat memberikan nasihat yang lebih detail tentang nutrisi yang sesuai .

Ingatlah sebelum anda mulai mengkonsumsi vitamin atau merubah makanan anda , bicarakanlah dengan dokter gigi dan dokter anda. Saat vitamin dan mineral sepertinya tidak berbahaya, suplemen makanan dapat berinteraksi atau mempengaruhi pengobatan yang diresepkan. dengan pertolongan dokter gigi dan dokter anda dapat memperbaiki konsumsi vitamin yang anda butuhkan untuk memelihara kesehatan mulut.



Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.
(Maz 111:10)


Siwalankerto 121-131 Surabaya
Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31
Fax: +62 31 8436418

Copyright (c) 2013 - reserved to Petra Christian University. Powered by PUSKOM MIS division